Renungan Remaja GenYes!

Renungan Remaja GenYes! terbit pertama kali pada bulan September 2004. Sudang mengantungi ISSN No. 1829-9016 renungan ini memiliki motto : Bacaan Saat Teduh Bagi Generasi Gaul Fans Berat Yesus!. Dalam edisi cetak, covernya menampilkan remaja-remaja Kristiani berprestasi. Saat ini renungan GenYes! berhenti terbit, namun akan terbit setelah memperoleh partner yang pas untuk melayani kaum remaja. Terima kasih untuk dukungan doa Anda.

Tuesday, May 02, 2006

Selalu Sopan

“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari. Jangan dalam percabulan dan hawa nafsu ” (Roma 13:13a)

Pakar tata karma Alex J.Packer yang adalah penulis How Rude! The Teenagers’ Guide to Good Manners, Proper Behavior, and Not Grossing People Out mengatakan, “Para remaja yang mempraktikkan ‘sopan santun’ baik terhadap teman-teman sebaya mereka dapat menjauhkan banyak penderitaan dan kecemasan yang menggila di koridor-koridor sekolah. Dan mereka akan menikmati hubungan yang lebih dekat dan lebih bermakna dengan teman-teman dan lawan jenis mereka.”
Mengutip ungkapan pakar tata krama atau etika, Alex J Packer, saya teringat akan seorang teman yang selalu membuat keonaran di sekolah sewaktu SMP kelas II. Hampir setiap hari Kristi dan Ofi disidang di ruang guru bimbingan konseling (BK). Pasalnya, kedua makluk keturunan Adam dan Hawa ini kerap berpacaran di dalam ruang kelas. Hal itu tentu saja akan mengganggu pemandangan siswa lainnya, juga akan memperburuk penilaian masyarakat, jika hal itu diketahu. Padahal, wali kelasku tahu persis siapa itu Kris. Karena sebelumnya, disekolahnya dia memang termasuk anak bandel, dan tipe pria play boy , gonta ganti pacar. Kedua remaja pelajar ini dikenakan pasal pelanggaran, dengan melakukan perbuatan kurang soppan, yakni tuduhan berpacaran di dalam kelas. Bahkan Kristi pun pernah dikejar-kejar orang tua Ofi dengan golok, karena mengganggu konsentrasi belajar anak putrinya.

Orang yang bersopan santun adalah orang yang ketika bangun tidur langsung ke kamar mandi. (Fredie Trueman)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home